YOHANES 19:28-30
Pendahuluan:
Ada 2 orang bercakap-cakap. Yang
pertama berkata: ‘Aku ingin tahu dimana aku akan mati’. Temannya menjawab:
‘Kamu gila; untuk apa tahu dimana akan mati?’. Yang pertama menjawab: ‘Kalau
aku tahu aku akan mati dimana, aku tidak akan pergi ke tempat itu’.
Ini menunjukkan bahwa orang itu
ingin terhindar dari kematian. Dan memang adalah sesuatu yang umum kalau orang
ingin terhindar dari kematian.
Tetapi Yesus berbeda.
·
Berbeda dengan orang dalam cerita di atas, Ia
tahu Ia akan mati dimana. Ia tahu bahwa Ia akan mati di Yerusalem. Tetapi
ketika saatnya untuk mati sudah tiba, Ia bukannya menjauhi Yerusalem, tetapi Ia
justru pergi ke sana (Mat 16:21-24).
·
Di taman Getsemani, pada waktu mau ditangkap, Ia
dibela oleh Petrus yang mengeluarkan pedangnya dan membacok hamba imam besar.
Sebetulnya bisa saja pada waktu itu Yesus memberi komando kepada 10 murid yang
lain untuk membantu Petrus, dan sementara terjadi perkelahian masal, Yesus
lari. Tetapi Ia tidak mau melakukan itu, bahkan Ia memerintahkan Petrus untuk
menyarungkan pedangnya (Mat 26:51-52).
Ia juga berkata
kepada Petrus bahwa sebetulnya Ia bisa minta kepada Bapa untuk mengirim lebih
dari 12 pasukan malaikat untuk membantuNya (Mat 26:53). Andaikata Ia melakukan
hal ini, sudah pasti semua orang yang mau menangkapNya itu dibasmi dalam
sekejap mata. Tetapi Ia tidak mau mela-kukan hal ini.
Sebetulnya,
kalaupun Ia tidak mau minta bantuan Bapa untuk mengirimkan pasukan malaikat, Ia
sendiri, yang juga adalah Allah sendiri, bisa saja menggunakan kemahakuasaanNya
untuk membasmi semua orang yang mau menangkapNya itu. Kalau Ia melakukan hal
ini, pasti Ia terhindar dari kematian. Tetapi Ia tidak mau melakukan hal itu,
karena Ia memang tidak mau menghindari kematian.
Tetapi ada sesuatu yang lebih
aneh, yaitu bahwa Yesus bukan saja tidak mau menghindari kematian, tetapi
bahkan tidak mau penderitaanNya dikurangi! Dari mana kita bisa melihat hal ini?
I) Yesus menolak minuman.
Dalam Mat 27:34
dikatakan bahwa Yesus diberi minum ‘anggur bercampur empedu’, dan dalam
Mark 15:23 dikatakan bahwa Yesus diberi ‘anggur bercampur mur’. Ini bukan
kontradiksi, karena minuman itu adalah anggur bercampur ramuan tertentu, yang
mengandung baik empedu maupun mur.
Tetapi pada
saat Yesus mengecap minuman itu, dikatakan bahwa Ia tidak mau meminumNya.
Mengapa? Padahal sebentar lagi Ia minta minum (Yoh 19:28 - ‘Aku haus’), dan mau
meminum minuman yang diberikan kepadaNya (Mark 15:36 Yoh 19:29-30). Beberapa penafsir
mengatakan bahwa Ia tidak mau meminum anggur bercampur empedu / mur itu, karena
itu adalah minuman yang mengandung ramuan yang bisa membius / mengurangi rasa
sakit, dan diberikan kepada orang yang disalib sebagai suatu tindakan belas
kasihan kepada mereka.
KetidakmauanNya
menerima pengurangan rasa sakit / penderitaan merupa-kan sesuatu yang lebih
aneh lagi dari pada sekedar tidak menghindari kematian. Orang kristen yang
sejati, seharusnya mempunyai keyakinan kese-lamatan, dan karena itu mestinya
tidak takut mati. Tetapi siapa yang tidak takut pada penderitaan / rasa sakit
yang hebat? Siapa yang pada waktu mengalami rasa sakit yang hebat tidak
menginginkan rasa sakitnya diku-rangi? Kalau saudara pergi ke dokter gigi untuk
dicabut giginya, atau kalau saudara akan dioperasi, tentu saudara senang
menerima pembiusan supaya tidak mengalami rasa sakit.
Lalu mengapa Yesus tidak mau rasa sakit /
penderitaanNya dikurangi? Karena Ia sadar bahwa saat itu Ia sedang memikul
hukuman dosa manusia, termasuk hukuman dosa saudara dan saya. Dan Ia ingin
memikul seluruh hukuman dosa manusia!
Andaikata saja
pada saat itu Yesus mau meminum minuman bius itu, dan rasa sakitNya berkurang,
katakanlah 10 %, maka itu berarti Ia hanya memi-kul 90 % hukuman dosa
saudara dan saya. Tahukah saudara apa akibatnya? Saudara boleh saja betul-betul
percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, tetapi hanya
90 % dari dosa-dosa saudara yang ditebus / dibayar oleh Yesus. Sedangkan
10 % sisanya, saudara harus menanggung-nya sendiri. Kalau hal ini terjadi,
maka renungkanlah 2 hal di bawah ini:
1) 10 % dari dosa kita itu luar biasa
banyaknya.
Kalau saudara
menganggap diri saudara itu baik, atau kalau saudara beranggapan bahwa jumlah
dosa saudara cuma ratusan atau ribuan, maka itu disebabkan saudara tidak
mengerti Firman Tuhan, yang meru-pakan standard Allah untuk menentukan dosa.
Kalau saja saudara mengerti Firman Tuhan, dan saudara membandingkannya dengan
hidup saudara, maka saya yakin saudara akan menemui berjuta-juta dosa.
Kalau kita
menyoroti hukum Tuhan yang berbunyi ‘Jangan berdusta’ saja, maka berapa dosa
yang saudara temukan dalam hidup saudara? Mulai saat saudara masih kecil sampai
sekarang, berapa kali saudara berdusta kepada orang tua, kakek / nenek, guru di
sekolah, teman, kakak / adik, teman kerja / rekan bisnis, langganan, pejabat
pemerintahan, pegawai, bahkan kepada pengemis (dengan berkata ‘tidak punya
uang’ padahal saudara punya)? Hanya dari satu hukum itu saja, sudah sukar
meng-hitung jumlah dosa saudara! Bagaimana kalau ditambahkan dengan hukum-hukum
yang lain, seperti jangan berzinah, jangan mencuri, jangan iri hati, hormatilah
orang tuamu, hukum hari sabat, hukum antara suami istri, dsb? Bagaimana kalau
ditambahkan lagi hukum-hukum yang diang-gap tidak masuk akal, seperti:
·
Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati,
pikiran, akal budi (Mat 22:37).
·
Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu
sendiri (Mat 22:39).
·
Kasihilah musuhmu, doakan orang yang menganiaya
kamu (Mat 5:44).
·
Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan,
tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan (Ro 12:17,21).
·
Bersukacitalah senantiasa (1Tes 5:16).
·
Mengucap syukurlah dalam segala hal (1Tes
5:18).
Karena itu
10 % dari dosa kita pastilah luar biasa banyaknya. Kalau dosa kita
jumlahnya 1 juta, maka 10 % dari dosa kita berarti 100.000 dosa!
2) Satu dosa sudah cukup untuk memasukkan diri
saudara ke dalam neraka sampai selama-lamanya!
Ada agama lain
yang mengatakan bahwa nanti pada akhir jaman perbuatan baik dan dosa setiap
orang akan ditimbang; kalau lebih berat dosanya maka orangnya dimasukkan
neraka, dan kalau lebih berat perbuatan baiknya maka orangnya akan dimasukkan
surga. Ditinjau dari sudut agama lain itu, maka mungkin masih ada kemungkinan
saudara akan masuk surga kalau saudara memikul sendiri 10 % dosa saudara.
Tetapi Kitab Suci / Firman Tuhan tidak mengajar demikian! Ro 6:23 mengatakan
bahwa “upah
dosa ialah maut”! Jadi, tidak dikatakan kalau dosanya banyak / besar
/ lebih banyak dari perbuatan baiknya, barulah upahnya maut! Hanya dikatakan
bahwa upah dosa ialah maut, dan itu berarti bahwa satu dosa saja sudah cukup
untuk membawa saudara kedalam neraka sampai selama-lamanya!
Mengapa
demikian? Karena Kitab Suci / Firman Tuhan mengajar bahwa perbuatan baik tidak
bisa menutup dosa (Gal 2:16,21). Memang, kalau saudara ditangkap polisi karena
melanggar peraturan lalu lintas dan akan menghadapi persidangan, bisakah
saudara lalu berbuat baik dengan harapan perbuatan baik saudara itu menyebabkan
saudara tidak didenda dalam pengadilan? Jelas tidak mungkin! Jadi, hukum
duniapun mengata-kan bahwa perbuatan baik tidak bisa menutup dosa. Dan demikian
juga ajaran dari Kitab Suci / Firman Tuhan! Karena itulah maka satu dosa saja
sudah cukup untuk membuat saudara masuk neraka sampai selama-lamanya!
Sekarang,
bagaimana kalau kita gabungkan 2 hal di atas ini? 10 % dari dosa saudara
bukan main banyaknya, sedikitnya ada 100.000 dosa. Padahal satu dosa saja sudah
cukup membuang saudara ke dalam neraka sampai selama-lamanya. Bagaimana kalau
saudara harus menanggung 100.000 dosa atau bahkan lebih dari itu?
Karena itu, andaikata Yesus mau meminum
minuman yang mengandung ramuan bius itu, pasti seluruh umat manusia, mulai dari
Adam sampai kiamat, termasuk saudara dan saya, akan masuk neraka sampai
selama-lamanya!
Tetapi puji Tuhan, Yesus menolak minuman
yang mengandung ramuan bius itu! Ia tidak mau memikul hanya sebagian atau
90 % hukuman dosa kita; Ia mau memikul seluruhnya atau 100 % hukuman
dosa kita!!
Ada 2 hal lain
yang menunjukkan bahwa seluruh hukuman dosa kita memang sudah dibereskan oleh
Yesus di kayu salib, yaitu:
a) Kata-kata ‘Sudah selesai’ (Yoh 19:30) menunjukkan
bahwa penderitaan aktifNya untuk memikul seluruh dosa kita, sudah selesai!
b) Yesus bisa bangkit dari kematian.
Karena upah dosa
ialah maut, kalau saja ada satu dosa yang belum beres, maka Ia tidak akan bisa
bangkit. Bahwa Ia bisa bangkit pada hari yang ke tiga, menunjukkan bahwa memang
seluruh dosa kita sudah dibereskan!
Karena itu,
kalau saudara mau percaya dan menerima Yesus sebagai Juruselamat saudara, semua
dosa saudara tanpa kecuali, akan dihapuskan / diampuni. Ini mencakup:
·
dosa asal.
·
dosa yang lalu.
·
dosa sekarang.
·
dosa yang akan datang.
Karena itulah
orang yang percaya kepada Yesus mempunyai jaminan keselamatan!
Catatan:
Tetapi awas! Ini tidak boleh menyebabkan kita lalu meremehkan dosa / sengaja
berbuat dosa!
II) Yesus minta minum.
Setelah Yesus
menolak minuman bius itu, Ia lalu disalibkan. Dan pada waktu ada di kayu salib,
Ia berkata: ‘Aku haus’ (Yoh 19:28).
Yesus memang
sangat kehausan, karena:
· Ia sudah ditawan sejak kemarin malam, dan
sebagai tawanan Ia pasti tidak diperlakukan dengan baik. Jadi mungkin sekali Ia
tidak diberi makanan ataupun minuman. Ini tentu menyebabkan Ia menjadi haus.
· Ia digiring kesana kemari (kepada Mahkamah
Agama, kepada Pontius Pilatus, kepada Herodes, kembali kepada Pontius Pilatus,
dsb). Perja-lanan ini tentu menambah kehausan Yesus.
· Ia dicambuki dan dipukuli dan dimahkotai dengan
duri. Semua ini menim-bulkan luka-luka yang mengeluarkan darah / cairan tubuh
sangat banyak, dan ini juga pasti menimbulkan kehausan yang luar biasa.
·
Ia harus memikul kayu salib yang cukup berat
sejauh kurang lebih 1 km. Ini pasti menyebabkan Ia mengeluarkan banyak
keringat, dan ini menam-bah kehausanNya.
· Ia disalibkan mulai pukul 9 pagi
(Mark 15:25). Memang mulai pukul 12 siang terjadi kegelapan (Mark 15:33),
tetapi mulai pukul 9 pagi sampai pukul 12 siang Ia boleh dikatakan dijemur di
panas matahari yang terik.
Semua hal di
atas ini sudah pasti memberikan kehausan kepada Yesus, dan ini bukanlah
kehausan biasa, tetapi suatu kehausan yang bukan main hebatnya. Dan semua ini
sesuai dengan nubuat Maz 22:16 yang berbunyi: “lidahku melekat
pada langit-langit mulutku” (Catatan: bacalah seluruh Maz 22 itu,
khususnya ay 2,8-9,17b,19 dan saudara akan melihat dengan jelas bahwa itu
adalah Mazmur tentang salib).
Bahwa Maz 22:16
itu menggunakan istilah ‘lidah yang melekat pada langit-langit mulut’, jelas
menunjukkan kehausan yang luar biasa, dimana seluruh mulut betul-betul kering
sehingga lidah melekat pada langit-langit.
Mengapa Yesus
harus mengalami kehausan? Tidak cukupkah penderitaan cambuk dan salib yang Ia
alami? Untuk ini saudara perlu ingat bahwa kalau orang masuk neraka (lautan
api) maka sudah pasti ia akan kehausan luar biasa (bandingkan dengan kata-kata
/ seruan orang kaya di dalam neraka kepada Abraham dalam Luk 16:24 yang
berbunyi: “Bapa
Abraham, ka-sihanilah aku. Suruhlah Lazarus mencelupkan ujung jarinya ke dalam
air dan menyejukkan lidahku, karena aku sangat kesakitan dalam nyala api ini”).
Karena Yesus
saat ini sedang memikul seluruh hukuman dosa manusia, maka jelas bahwa Ia harus
memikul juga kehausan yang luar biasa yang seharusnya kita alami di neraka.
Persoalan /
pertanyaan yang lain ialah: mengapa Ia lalu meminta minum dengan berkata ‘Aku
haus’? Apakah hal ini tidak mengurangi penderitaanNya sehingga Ia tidak memikul
100 % hukuman dosa kita?
Ada 3 hal yang
perlu diberikan sebagai jawaban:
1) Yesus meminta minum dengan tujuan supaya
Firman Tuhan digenapi.
Perhatikan Yoh
19:28 yang berbunyi: “berkatalah Ia - supaya
genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci - ‘Aku haus!’.
Kitab Suci yang
mana? Jawabnya adalah Maz 69:22b yang berbunyi: “Pada waktu aku
haus, mereka memberi aku minum anggur asam”. Ingat bahwa ini juga
merupakan suatu nubuat yang berhubungan dengan Mesias / Yesus.
Jadi, Yesus
meminta minum dengan tujuan supaya nubuat Firman Tuhan tentang diriNya bisa
digenapi. Kalau Firman Tuhan itu digenapi maka:
· Allah dipermuliakan. Sebaliknya kalau Firman
Tuhan tidak terjadi, maka tentu saja Allah dipermalukan.
· Orang bisa percaya bahwa Ia memang adalah
Mesias. Sebaliknya kalau nubuat tentang Mesias itu ternyata tidak tergenapi
dalam diri Yesus, bagaimana mungkin orang akan percaya bahwa Yesus adalah
Mesias?
Jadi,
ditengah-tengah penderitaanNya yang luar biasa (sedang terpan-cang di kayu
salib), Yesus tetap mengingat, memikirkan, menginginkan, dan mengusahakan 2 hal
yaitu:
¨
Bagaimana Allah bisa dipermuliakan.
¨
Bagaimana orang-orang bisa percaya kepada Dia
dan diselamatkan.
2) Kristus minta minum supaya Ia bisa
meneriakkan kata-kata ‘Sudah selesai’
(ay 30), yang mempunyai arti sangat penting bagi kita, supaya kita tahu
tentang kesempurnaan penebusan Kristus bagi dosa kita.
Tanpa minuman
itu, mulut, lidah, dan tenggorokan Yesus yang sangat kering karena kehausan
yang luar biasa itu, tidak akan bisa meng-ucapkan kata-kata itu.
3) Ia minta minum setelah Ia tahu bahwa semua
sudah selesai.
Perhatikan
sekali lagi ay 28 yang berbunyi: “Sesudah itu, karena Yesus
tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia - supaya genaplah
yang ada tertulis dalam Kitab Suci - : ‘Aku haus’”.
Jadi, setelah
penebusan yang Ia lakukan sudah cukup untuk menebus dosa kita, barulah Ia
berkata ‘Aku haus’. Perhatikan kata-kata Calvin di bawah ini:
“Now, it ought to be remarked,
that Christ does not ask any thing to drink till all things have been
accomplished ... No words can fully express the bitterness of the sorrows which
he endured; and yet he does not desire to be freed from them, till the justice
of God has been satisfied, and till he has made a perfect atonement”
(= Harus diperhatikan, bahwa Kristus tidak meminta minum apapun sampai semua
telah selesai / tercapai ... Tidak ada kata-kata yang dapat menyatakan secara
penuh kesedihan yang ditahanNya; tetapi Ia tidak ingin dibebaskan darinya,
sampai keadilan Allah telah dipuaskan, dan sampai Ia telah membuat penebusan
yang sempurna).
Tetapi bagaimana
mungkin penebusan dosa sudah selesai, padahal Ia belum mengalami kematian?
Calvin berkata bahwa Kristus mengucapkan kata-kata ‘Sudah selesai’ itu dengan
memperhitungkan kematianNya yang akan terjadi. Atau ada juga yang mengatakan
bahwa yang dimaksud dengan ‘sudah selesai’ adalah penderitaan aktifNya
dalam memikul hu-kuman dosa.
III) Tanggapan kita.
1) Percaya dan menerima Yesus sebagai
Juruselamat dan sebagai Tuhan.
Yesus sudah
memikul seluruh hukuman dosa saudara, dan Yesus sudah memikul kehausan yang
luar biasa yang seharusnya saudara alami di neraka. Karena itu, kalau saudara
mau percaya dan menerima Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan, saudara tidak
mungkin bisa dihukum lagi oleh Allah. Ini sesuai dengan Ro 8:1 yang berbunyi: “Demikianlah
sekarang tidak ada lagi penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus”.
Tetapi
sebaliknya, kalau saudara tidak mau sungguh-sungguh percaya dan menerima Yesus
sebagai Juruselamat dan Tuhan, tidak jadi soal apakah saudara itu orang kristen
KTP atau kafir, pergi ke gereja atau tidak, sudah dibaptis atau belum, berusaha
mentaati Firman Tuhan atau mengabaikannya, saudara tetap akan menanggung
hukuman dosa sau-dara sendiri dengan masuk neraka sampai selama-lamanya, dan
meng-alami kehausan yang luar biasa yang memang layak saudara dapatkan!
2) Tirulah teladan Yesus, yang dalam keadaan
sangat menderita sekalipun, tetap mengingat, memikirkan, menginginkan, dan
mengusahakan 2 hal yaitu:
a) Bagaimana supaya Allah bisa
dipermuliakan.
Ini seharusnya menjadi tujuan hidup dari setiap orang kristen.
1Kor 10:31
berbunyi: “Jika
engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang
lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah”.
Penerapan:
· kalau saudara pergi berbakti di gereja, atau
kalau saudara mela-yani Tuhan, atau kalau saudara memberikan persembahan,
apa-kah saudara melakukannya hanya sebagai suatu kebiasaan, atau karena saudara
ingin memuliakan Allah?
· kalau saudara membuang dosa / mentaati Tuhan,
apakah saudara melakukannya hanya karena takut dihukum atau karena saudara
melakukannya untuk kemuliaan Tuhan?
·
hal-hal yang kelihatan remeh dan bersifat
jasmani seperti makan dan minumpun (juga belajar, bekerja dsb) harus kita
lakukan untuk kemuliaan Allah. Kalau saudara makan hanya demi memuaskan nafsu
makan saudara, apalagi kalau saudara makan tanpa mem-pedulikan apakah makanan
itu merusak kesehatan saudara atau tidak, pada hakekatnya saudara sudah
berdosa! Makanlah supaya bisa sehat / pilihlah makanan yang menyehatkan diri
saudara, supaya dengan kesehatan itu saudara bisa lebih memuliakan Allah.
b) Bagaimana orang banyak bisa
percaya kepada Yesus dan disela-matkan.
Ada beberapa
hal yang harus dilakukan oleh setiap orang percaya supaya orang yang belum
percaya bisa percaya:
·
Berdoa dengan tekun untuk pertobatan mereka.
·
Memberitakan Injil kepada mereka.
· Berusaha memberikan kesaksian hidup yang baik,
supaya jangan justru menjadi batu sandungan bagi mereka.
·
Mengajak mereka ke gereja yang benar dan Injili!
3) Memberikan yang terbaik kepada Tuhan.
Jangan meniru
tentara Romawi yang memberi anggur asam kepada Yesus (ay 29). Sebaliknya,
berikanlah yang terbaik kepada Tuhan. Ini berlaku untuk bermacam-macam hal
seperti:
a) Memberikan uang kepada Tuhan.
Banyak orang
kristen yang kalau mau memberi persembahan selalu bingung mencari uang kecil.
Apakah pengorbanan Kristus pantas saudara balas dengan uang kecil? Memang kalau
saudara adalah orang miskin yang hanya mempunyai uang kecil, maka
persembah-kanlah uang kecil itu kepada Tuhan, Tuhan pasti menerimanya (bdk. Luk
21:1-4). Tetapi kalau untuk makan, pakaian, membangun rumah, hobby, dsb saudara
bisa mengeluarkan uang besar, tetapi hanya mau mengeluarkan uang kecil untuk
Tuhan, itu betul-betul keterlaluan.
b) Memberikan waktu, tenaga, pikiran untuk
Tuhan.
Ada orang
kristen yang pada pagi, siang, sore tidak berdoa / membaca Firman Tuhan, dan
baru melakukannya pada malam hari setelah tenaga dan pikirannya sudah mencapai
titik terendah. Orang seperti ini memberikan waktu, tenaga, pikiran yang
terjelek untuk Tuhan. Bukankah sebaiknya kita melakukan doa / saat teduh pada
pagi hari, dimana kita ada dalam keadaan paling segar?
c) Memberikan diri / hidup kita untuk
Tuhan.
Banyak orang
yang pada waktu masih muda menggunakan dirinya / hidupnya untuk diri sendiri.
Baru pada saat sudah tua dan hampir mati, ‘menyerahkan dirinya’ untuk Tuhan.
Ada juga orang
kristen yang setelah lulus SMA, lalu berusaha masuk ke Universitas. Tetapi
karena tidak diterima di mana-mana, akhirnya ia ‘menyerahkan dirinya’ untuk
masuk sekolah Theologia / melayani Tuhan!
d) Memberikan anak kepada Tuhan.
Ada orang tua
kristen yang mempunyai beberapa anak. Mereka keberatan kalau anak-anaknya yang
pandai menjadi hamba Tuhan, tetapi mereka mau menyerahkan anaknya yang bodoh
untuk menjadi hamba Tuhan.
Penutup / kesimpulan:
Untuk saudara yang belum percaya
kepada Yesus, janganlah menunda! Perca-yalah sebelum terlambat.
Untuk saudara yang sudah percaya:
tirulah teladan Kristus dan berikan yang terbaik kepada Tuhan.
-AMIN-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar